Efisiensi Raja Jalur Selatan Jateng-DIY

(Rest Area Efisiensi)
Sebagian besar masyarakat urban Jateng-DIY dan juga pecinta bis atau bismania pasti mengenal perusahaan bis dari Kebumen Jawa Tengah ini, ya PO Efisiensi. Perusahaan yang dimiliki oleh bapak Teuku Erry Rubiansyah ini  beberapa waktu lalu resmi menjadi Perusahaan Terbuka dengan nama PT Efisiensi Putra Utama dengan kantor Pusat di Rest Area Wonosari Kebumen. Usaha ini merupakan kelanjutan dari kursus setir mobil "Efficientie" yang dirintis oleh ayah dari owner Efisiensi. Saat ini usaha PT Efisiensi Putra Utama sudah berkembang menjadi Bus Pariwisata dan Bus AKAP dengan jumlah armada yang banyak. Sampai tahun 2017, Efisiensi dapat dikatakan menjadi raja di jalur selatan jateng DIY, dengan trayek Yogyakarta-Cilacap, Yogyakarta-Cilacap, dan Yogyakarta-Purbalingga. Ada beberapa keunggulan yang membuat Efisiensi jadi pilihan utama jalur selatan Jateng-DIY. Armada Efisiensi selalu terlihat baru dan menarik bagi penumpang. Disamping armada yang bagus Efisiensi juga memiliki layanan Shuttle yang mengantar penumpang dari agen efisiensi Ambar Ketawang menuju kota Yogyakarta dan Bandara Adi Sucipto.

(Armada 2017, Jetbus SHD2 Hino RK8)
Jika berbicara masalah peremajaan armada, manajemen menerapkan kebijakan dimana armada bus hanya dipakai pada kisaran 2-3 tahun. Efisiensi seringkali disebut sebagai dealer berjalan karena setiap armadanya memang untuk dijual kembali. Apabila ada yang berminat dan harga sesuai maka tak perlu menunggu lama, maka armada bus segera berpindah tangan, termasuk juga armada yang baru keluar dari karoseri. Beberapa PO yang menggunakan armada eks Efisiensi misalnya PO Gapuraning Rahayu, PO Satria Muda, PO Eddy Transport, dan PO Brilian. 

(Royal Class generasi ke 3 MB OH1526, Jetbus HD2+)
Efisiensi mempercayakan armadanya pada chassis buatan Hino dan Mercedes Benz. Pada awalnya banyak armada dari Mercedes Benz, tetapi saat ini armada Hino terutama Hino RK8  menjadi tulang punggung Efisiensi. Hal ini mungkin tak lepas dari alasan ekonomis dimana Hino RK 8 relatif lebih murah dari sisi perawatan daripada pesaingnya yang setara yaitu MB OH 1526 dari Mercedes Benz. Mayoritas armada Efisiensi saat ini baik untuk AKAP dan Pariwisata menggunakan Hino RK 8. Pada tahun 2011-2017 awal Efisiensi masih memiliki armada bus Royal Class, dengan chassis Mercedes Benz. Armada ini sendiri ada 3 generasi, dimana generasi pertama menggunakan chassis MB OH 1626 Jetbus HD, Generasi kedua MB OH 1526 Jetbus HD, dan generasi ketiga MB OH 1526 Jetbus HD2+ atau Jetbus Setra. Saat ini semua armada Royal Class sudah sold out, ke beberapa PO seperti Gapuraning Rahayu dan Azka Tour.

(Jetbus SDD2+ MB OH 2542)
Awal 2017 Efisiensi menggebrak dengan meluncurkan Armada Jetbus2 SDD dengan chassis premium MB OH 2542. Armada ini sekaligus menjadi armada double decker pertama di pulau Jawa. Saat ini armada tersebut difungsikan sebagai bus Pariwisata sambil sesekali mengambil trayek reguler pada masa liburan. Interior bis Efisiensi double decker sungguh terasa mewah. Lantai 1 terdiri dari 5 seat elektrik besar dengan LCD di tiap kursi, sedangkan lantai 2 terdiri dari 47 seat dengan konfigurasi 2-2. Tampaknya manajemen menggunakan armada ini sebagai flagship atau bendera perusahaan. Armada ini menjadi simbol bagi Efisiensi meskipun yang jadi tulang punggung perusahaan sebenarnya        adalah Hino RK8.

(Interior Deck Bawah, Efisisensi SDD2+)
Seiring kemajuan teknologi, Efisiensi juga melayani pemesanan tiket online via beberapa aplikasi seperti Redbus dan Efisiensiku. Aplikasi ini sangat membantu calon penumpang untuk reservasi atau sekedar mendapatkan informasi jadwal keberangkatan bus. Sebuah kemajuan bagi transportasi publik di Indonesia khususnya dunia bis, disaat pemilik mobil pribadi semakin banyak. Kemudahan, kenyamanan, dan ketepatan transportasi publik khususnya bis sangat berperan menarik masyarakat agar kembali menggunakan transportasi publik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Gunung Harta Denpasar Jogja

Menikmati Toraja dengan Bacpacker